Sebuah Visi berbeda dari Misi, Pernyataan Visi menggambarkan posisi masa depan yang diinginkan perusahaan. Elemen Visi dan Misi sering digabungkan untuk memberikan pernyataan tujuan, tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Misi adalah sesuatu yang harus dicapai sedangkan visi adalah sesuatu yang harus dikejar untuk prestasi itu. Juga disebut misi perusahaan, misi perusahaan, atau tujuan perusahaan. Pernyataan Misi mendefinisikan bisnis perusahaan, tujuan dan pendekatan untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, terkadang kedua istilah ini digunakan secara bergantian.
Pengertian Visi Misi
Visi adalah mengetahui siapa Anda, di mana Anda akan pergi dan apa yang akan memandu perjalanan Anda. – Ken Blanchard dan Jesse Stoner
Sebuah pernyataan visi dengan hati-hati adalah jantung dari setiap bisnis yang sukses. Pernyataan ini jelas dan ringkas mengkomunikasikan tujuan bisnis Anda secara keseluruhan, dan dapat berfungsi sebagai alat untuk pengambilan keputusan strategis di seluruh perusahaan.
Sebuah pernyataan visi dapat sesederhana satu kalimat atau dapat dalam paragraf singkat. Terlepas dari rincian individu, semua pernyataan visi yang efektif menentukan cita-cita inti yang memberikan bentuk dan arah bisnis. Pernyataan ini juga menyediakan cara yang ampuh untuk memotivasi dan membimbing karyawan.
Secara garis besar visi membahas 3 poin yaitu :
1. Siapa Anda – adalah tujuan Anda
Tujuan dalam Visi adalah alasan organisasi Anda untuk eksistensi. Pilih tujuan yang penting itu bukan tentang anda, tetapi adalah tentang memberikan nilai kepada orang-orang yang menggunakan produk atau jasa anda. Pertimbangkan tujuan Anda dari sudut pandang pelanggan Anda. Sebagai contoh, sebuah perusahaan teknologi mungkin menjual sebuah produk tetapi tujuan mereka mungkin untuk kontrol dan privasi.
2. Di mana Anda – adalah gambar anda dari masa depan
Gambaran masa depan dalam Visi adalah gambar hasil-berorientasi mana anda akan pergi dan apa yang akan terlihat seperti ketika tujuan anda terpenuhi. Ini bukan sesuatu yang samar, seperti menjadi yang terbaik atau nomor satu, tetapi sesuatu yang jelas dapat memvisualisasikan seperti “komputer di setiap meja.”
3. Apa yang akan memandu perjalanan Anda – adalah nilai-nilai Anda
Nilai dalam visi adalah pedoman perilaku sehari-hari dan pengambilan keputusan. Ketika memilih nilai-nilai, penting untuk bertanya “nilai-nilai apa yang perlu untuk mendukung tujuan organisasi?” Sebagai contoh, Eileen Fisher (desainer pakaian perempuan) harus memiliki nilai sekitar kreativitas. Tapi Anda mungkin tidak ingin perusahaan akuntansi anda untuk memiliki nilai itu.
Misi Adalah Sebuah pernyataan tertulis dari tujuan inti organisasi dan fokus yang biasanya tetap tidak berubah dari waktu ke waktu. misi benar dibuat berfungsi sebagai filter untuk memisahkan apa yang penting dari apa yang tidak, jelas negara yang pasar akan disajikan dan bagaimana arah berkomunikasi yang dimaksudkan untuk seluruh organisasi.